Kickydut's Blog

JKL

Posted on: Januari 21, 2013

PT JKL
Sebut saja namanya JKL , salah satu perusahaan yang dibangun pada tahun 1958 yang bergerak dibidang kemasyarakatan dan membantu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhannya dengan syarat yang ditentukan dan persetujuan dari kedua belah pihak. Perusahaan tersebut membuka cabang sebanyak 539 kantor dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 2.3 triliun pada tahun 1986 dan menjadi anak perusahaan didunia. Perusahaan ini memiliki 240 kota di Indonesia ,1188 jaringan kantor , 57.331 jaringan ATM. Kenapa perusahaan ini bisa dikatakan cukup sukses ? kita lihat visi dan misi perusahaan ini
Visi : Menjadi Mass Market terbaik dan mengubah hidup hidup berjuta rakyat di Indonesia.
Misi : Bersama menciptakan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berati.
Pada tahun 2011 perusahaan ini tumbuh menjadi 34.5 triliun dibandingkan 13.7 triliun dari dua tahun sebelumnya dan menduduki peringkat ke-5 dan ke -6 dari cabang dan dalam hal jumlah karyawan. Pada tahun 2012 perusahaan ini meluncurkan daya sebagai program sosialnya, yang menjadi bagian integral dari aktivitas bisnisnya..
Berikut laporan – laporan mengenai Perusahaan JKL :
Laporan Komisaris Utama :
Di tahun 2011, Indonesia terus membukukan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibanding negara-negara lain. Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 6,5% dibandingkan 6,1% di tahun 2010. Pencapaian ini sebagian didukung oleh kebijakan Bank Indonesia, yang menurunkan tingkat suku bunga hingga 6,0% selama semester kedua. Namun peningkatan minat investor asing kepada Indonesia dibayangi oleh krisis di zona Eropa serta masih lemahnya kinerja perekonomian Amerika Serikat dan Jepang. Nilai Rupiah menguat mencapai Rp 8.500 per USD di bulan September, dan kemudian mengalami penyesuaian menjadi Rp 9.100 di akhir 2011. Cadangan devisa tetap terjaga sebesar USD 110 miliar dan indeks komposit Bursa Efek Indonesia mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 3,2% menjadi 3.822 di akhir tahun 2011. Tingkat inflasi berhasil ditekan hingga 3,8%, sehingga Bank Indonesia dapat menurunkan tingkat SBI sebesar 50 basis poin menjadi 6,0%. Berlanjutnya ketidakpastian ekonomi dan prospek melemahnya pertumbuhan di Cina telah mendorong sebagian besar institusi perbankan dan keuangan untuk menyesuaikan proyeksi pertumbuhannya untuk tahun 2012, walaupun masih dalam skala yang belum mengkhawatirkan.

Kinerja positif JKL :
Dengan gembira saya laporkan bahwa JKL berhasil meraih kinerja yang memuaskan selama tahun 2011. Kami juga menyambut peluncuran Daya sebagai bentuk tanggung jawab sosial JKL ,yang merupakan bagian integral dari strategi usaha kami. Program ini membantu upaya pemerintah dalam rangka peningkatan dan pemerataan perekonomian. Daya menawarkan akses atas informasi pasar, sehingga membantu para nasabah dalam membuat keputusan yang lebih baik. Pendapatan operasional JKL meningkat menjadi Rp 4,8 triliun, sedangkan pertumbuhan kredit mencapai 30% menjadi sebesar Rp 30,3 triliun. Walaupun berhasil membukukan pertumbuhan kredit yang cukup tinggi, Dewan Komisaris tetap melakukan pengawasan atas kualitas aset, sehingga rasio kredit bermasalah (NPL) tetap terjaga di 0,7%. Untuk tahun buku 2011, BTPN telah meraih laba bersih sebesar Rp 1,4 triliun dibandingkan Rp 0,8 triliun pada tahun sebelumnya. Pemegang saham telah menyetujui untuk tidak membagikan dividen untuk tahun 2011 agar BTPN dapat mempertahankan posisi permodalannya bagi pertumbuhan ke depan.

Daya Kerja
Daya yang telah resmi diluncurkan, terdiri atas tiga pilar, yakni Daya Sehat Sejahtera, program yang fokus pada peningkatan kesehatan nasabah, Daya Tumbuh Usaha, adalah program yang meliputi pelatihan dan peluang usaha untuk meningkatkan kinerja usaha para nasabah, serta Daya Tumbuh Komunitas yang akan segera diluncurkan sebagai program yang ditargetkan untuk melayani segmen nasabah berpenghasilan rendah. Melalui platform yang lebih terintegrasi ini, kami percaya bahwa kami dapat berbagi sumber daya secara lebih baik, sehingga program layanan sosial JKL dapat dilaksanakan dengan lebih efektif untuk para nasabah. Kami juga telah membentuk sebuah divisi khusus yang dipimpin oleh seorang Executive Vice President yang fokus pada pengembangan Daya serta menyelaraskannya dengan bagian-bagian lain di dalam JKL.

Daya Sehat Sejahtera
• JKL memberikan informasi kesehatan dan kesejahteraan
• JKL memberikan Program Konsultasi

Daya Tumbuh Usaha
• Informasi tentang usaha pada JKL
• Pelatihan Usaha Praktis
( Manajemen Keuangan) : Manajemen keuangan sederhana memanfaatkan sistem amplop dengan berbagai warna, masing-masing mewakili penggunaan kas yang berbeda, sehingga nasabah dapat mengelola dan merencanakan arus kasnya dengan lebih baik.
( Penataan Barang ) : Menata berbagai kategori barangnya untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan.
( Manajemen Pemasaran ) : Modul yang memperkenalkan cara diferensiasi usaha melalui pemilihan merek dan promosi, antara lain dengan memanfaatkan papan nama.
( Manajemen Penjualan ) : Memperkenalkan caracara meningkatkan penjualan, antara lain dengan menawarkan insentif kredit bagi pelanggan loyal.
SDM
Sebagai perusahaan yang melayani mass market dengan jumlah sumber daya manusia lebih dari 13.500 karyawan, pengelolaan sumber daya manusia yang profesional merupakan salah satu kunci keberhasilan pertumbuhan usaha JKL. Di awal tahun 2011, Unit Sumber Daya Manusia (SDM) telah menetapkan tiga prioritas utamanya, yakni membangun kemampuan infrastruktur SDM, memperkuat sistem kaderisasi untuk posisi strategis serta meningkatkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan di jajaran manajer JKL.
Dalam jangka panjang, identitas kepemimpinan ini akan menjadi factor pembeda pemimpin JKL dibanding perusahaan-perusahaan lainnya. Peningkatan infrastuktur SDM yang berkelanjutan juga menjadi prioritas di tahun 2012 agar dapat mendukung perkembangan usaha JKL yang membutuhkan kehandalan proses rekrutmen, pelatihan dan manajemen SDM. Guna mendukung rencana pertumbuhan Bisnis Syariah yang agresif, kami akan membangun infrastruktur SDM khusus bagi unit bisnis tersebut. Setelah mengimplementasikan quality assurance internal untuk meningkatkan kualitas proses infrastruktur SDM, di tahun 2012 kami akan melanjutkan persiapan implementasi Risiko SDM sebagai bagian dari Manajemen Risiko Operasional JKL. Organisasi SDM juga akan terus mengembangkan Program Komunikasinya agar menjadi lebih komprehensif, sehingga kebijakan-kebijakan SDM dapat lebih dipahami oleh seluruh jajaran BTPN.
Manajemen Resiko :
Seiring dengan pesatnya perkembangan usaha JKL serta peluncuran Tunas Usaha Rakyat sebagai unit bisnis baru, Unit Manajemen Risiko telah mengembangkan kemampuan pengelolaan risiko di seluruh organisasi.
Tekhnologi Informasi :
Seiring dengan pertumbuhan jumlah nasabah dan volume transaksi, teknologi informasi (TI) semakin memegang peran kunci bagi keberhasilan usaha JKL. Melalui sistem online, hingga akhir tahun 2011 Unit TI mendukung proses layanan nasabah JKL di 475 kantor cabang Bisnis Pensiun, 570 kantor cabang JKL, 103 Mobile Marketing Syariah, dan 24 kantor cabang Sinaya. Agar dapat terus mendukung pesatnya pertumbuhan usaha JKL , peningkatan kualitas dan proses layanan menjadi prioritas tahun 2011.
Tenaga Karyawan :
Perusahaan mengajarkan suatu system organisasi , dimana setiap karyawan dan seluruh penghuni perusahaan agar datang tepat pada waktunya dan tidak ada alasan sedikitpun untuk datang terlambat , kecuali dikarenakan sakit. Dan itupun harus ada surat pengarahan dari kedokteran atau manapun.

Setelah semuanya berjalan dengan lancar, baik karyawan maupun atasan semuanya bekerja dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal guna mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan.maka dari itu kita tidak salah jika kita ingin mencontoh perusahaan ini.

kicky yunila ~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tak ada
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: